Kamis, 09 Mei 2013

Rahasia Sukses Ahmad Dhani dalam Bermusik


Nama besar musisi Ahmad Dhani dalam industri musik sudah tak diragukan lagi. Sebagai seorang pencipta lagu, menjadikan pentolan grup band Dewa 19 ini sebagai sosok penting dalam bagian perjalanan musik di Indonesia.

Kesuksesan pemilik Republik Cinta Managemen ini tak didapatkannya dengan instan. Ia pun berbagi rahasia sukses dalam bermusik di depan anak-anak di Solo.

Diakui oleh Dhani dirinya memang sudah gemar dengan musik sejak masih berusia belia. Kegemarannya ini pun menuntun untuk belajar dan terus belajar. "Waktu umur 10 tahun, saya sudah khatam album Queen. Ada 82 lagu Queen yang sudah saya hafal," ujar Dhani kepada VIVAlife.

Ia pun berbagi rahasianya untuk bisa sukses sampai saat ini. Menurutnya musik Beatles harus menjadi lagu yang wajib didengar. Bukan hanya gaya musiknya, namun juga liriknya juga harus hafal.

"Rahasia pertamanya adalah harus hafal album pertama sampai akhir. Coba cari sekitar 62-70 album Beatles. Hafal liriknya hingga khatam," ungkapnya.

Kemudian setelahnya album yang harus dihafalkan adalah album U2. Album Guns n Roses sifatnya sunnah untuk dihafalkan. "Kalau yang tadi saya sebutkan wajib. Kalau mau terampil mengarang lagu, yang semua tadi harus dihafalkan," ujarnya.

Setelah hafal lagu-lagu di atas, mereka yang ingin piawai menciptakan lagu maka sebelumnya harus paham dengan melodi dan chord. Dhani menganjurkan untuk menciptakan lagu harus paham dulu lagu yang bakal diciptakannya dalam musik seperti apa.

"Misal orang mau bikin rumah harus tahu jenis rumah apa yang mau dibikin," ujarnya.

Mantan suami Maia Estianty ini juga menyarankan bagi remaja ataupun anak-anak untuk ikut kompetisi pencarian bakat. Pengalaman dalam ajang pencarian bakat bisa memberikan kemampuan untuk meningkatkan daya saing dalam industri musik.

"Nanti saya akan coba bikin kompetisi ajang pencarian bakat khusus grup band. Saya masih memikirkan namanya apa," katanya.

sumber : vivanews